Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Membuat efek Photo Sheets dengan Photoshop



Selamat datang kembali di blog Tutorial Tips dan Trik Desain CorelDraw & Photoshop KoeToe-ID. Pada postingan sebelumnya kita telah belajar membuat Ilustrasi Bulan Sabit dengan Photoshop. Dan Tutorial kali ini kita akan membahas seputar editing foto dengan Photoshop yaitu cara Membuat Efek Photo Sheet dengan Photoshop.
Efek Photo Sheet ini berbentuk lembaran-lembaran foto yang dibuat 3 dimensi dan diletakkan bertumpuk. Sehingga jika dilihat hasil akhirnya akan seperti berikut ini,


Oke Brother tentu pengen tau Tutorialnya. Mari kita kupas abis Tutorial Photoshop : Photo Sheet Effect.
Capcuss...

1.Buka dulu Photoshopnya dengan klik Start - All Programs - Adobe Photoshop

2. Buka Foto yang akan di edit dengan cara klik File - Open, kemudian pilih foto

3. Setelah foto terbuka kita akan main di layer.
Sebelum melakukan pengeditan terlebih dulu kita duplikasi foto yang akan di edit. Ini bertujuan supaya jika terjadi kegagalan maka kita tidak perlu membuka foto baru.
Cara duplikasinya cukup dengan tekan tombol Ctrl+J pada layer yang akan di duplikasi. Jika benar maka layer akan menjadi 2 (layer background dan layer 1 sebagai duplikasinya).

Setelah terduplikasi lalu klik pada tanda mata di layer background agar foto di layer tersebut menjadi invisible alias gak keliatan sehingga background menjadi transparan.




4. Setelah itu langkah selanjutnya adalah membentuk foto supaya terlihat seperti lembaran. Caranya klik pada layer 1, kemudian klik menu Edit - Free Transform.

Setelah itu klik tanda yang berbentuk seperti jaring spiderman yang ada di option bar sebelah kanan (lihat gambar ke 2)




5. Maka akan terlihat titik-titik di pinggiran foto yang bisa kita atur untuk mengubah bentuk foto.



6. Atur titik-titik tersebut dengan cara menggesernya sampai bentuknya menjadi seperti lembaran.
*Titik pada sudut foto untuk mengubah letak sudut foto, dan titik di pinggiran foto untuk mengubah bentuk garis tepi foto.



7. Langkah selanjutnya adalah memberikan bayangan pada foto agar foto terlihat 3 dimensi.
Caranya klik 2x pada Layer 1, kemudian akan muncul kotak dialog Layer Style. Centang dan klik pada pilihan Drop Shadow, atur pada bagian yang bertanda merah seperti di bawah ini



8. Foto Pertama Selesai

9. Untuk membuat foto lain langkahnya bisa dilakukan dengan cara Drag n Drop.
Buka Window Explorer, kemudian Pilih foto yang akan di edit lalu drag foto tersebut ke area Photoshop Field.



Kalo udah kebuka trus ulangi dari langkah ke-3 dan seterusnya pada foto tersebut. Dibawah ini hasil editan Mang KoeToe.


Standar menengah lah ya..hehehe...pede banget. dalam memahami sebuah tutorial atau arahan dalam mendesain dengan suatu software, jangan terburu-buru untuk mendapatkan hasil yang bagus, yang penting kita mengetahui dulu fungsi-fungsi dari tools yang digunakan dan cara untuk menggunakannya, Setuju?

Bagaimana dengan Hasil Karya Brother? Silahkan share hasil karya Brother baik itu CorelDraw Maupun Photoshop ke Facebook Fanpage KoeToe-ID.

Well, itu dia Tutorial cara Membuat Photo Sheet Effect versi KoeToe-ID. Simak Juga Tutorial Lainnya. Dan untuk Brother yang punya pertanyaan, kritik, saran, masukan, atau request tutorial silahkan jejakkan komentar Brother di bawah atau langsung hubungi Kontak KoeToe-ID.

Terimakasih, selamat ber-eksperimen dan semoga bermanfaat
Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Membuat efek Photo Sheets dengan Photoshop Tutorial Photoshop Untuk Pemula - Membuat efek Photo Sheets dengan Photoshop Reviewed by Unknown on September 05, 2015 Rating: 5

Related Tutorials

No comments:

Powered by Blogger.